Menjadi Guru Berkarakter
Langkah strategi menjadi guru berkarakter:
Pertama: Motivasi atau Cara pandang Guru tergadap profesinya.
Seorang guru harus bangga dan bahagia terhadap profesi yg dijalani karena guru dijamin Allah. Hal ini dibuktikan dg
1.Guru profesi yg paling
menguntungkan. Ini
info dari Allah.
"Dan hendaklah ada di
antara kalian
segolongan ummat yg
menyeru kepada
kebaikan, mengajak
berbuat makruf, dan
mencegah perbuatan
mungkar. Mereka itulah
orang orang yg
beruntung. (Q.S. Ali
Imron: 104)
Ayat ini jelas ditujukan untuk guru. Artinya, guru itu profesi yang paling menguntungkan. untuk itu kita perlu bangga dan.merasa bahagia menhadi guru.
2. Guru memiliki
investasi abadi. Hal ini
dibuktikan oleh sabda
rasulullah Muhammad
SAW (hadits)
"Apabila manusia
dipanggil Allah
(meninggal),
terputuslah semua
amal perbuatannya,
kecuali tiga perkara:
Sodaqoh jariyah, ilmu
yg bermanfaat, dan
anak soleh yg
mendoakan orang
tuanya (hadits)
Hadits ini sangat tepat untuk seorang guru. Sodaqohnya paling banyak, mulai dari senyum di depan anak hingga sodaqoh ilmu, dll. Guru juga senantiasa menebar ilmu yg bermanfaat. Tidak kalah penting guru mendidik, membimbing anak menjadi solih solihah. Itu semua investasi abadi, amal yg tiada putus.
3. Guru itu muli dan
dimuliakan Allah. Lebih
dari 50 ayat tentang
guru tercantum di
dalam Al Quran.
Profesi lain tidak
demikian.
Ada beberapa sebutan untuk guru, antara lain:
- Orang yg berilmu dg
sebuat, Al-'alimun, Ulum
'ilmi, Al 'ulama, dan adz-
Dzikr.
- Orang yg berakal, dg
sebutan, Ulul Albab, Ulin
Nuha.
- Punya Mata Hati, dg
sebutan, Ulil Abshor.
- Selalu membersihkan
diri, mau terus belajar
seperti.siang ini, dg
sebutan Al Muzakki.
- Orang yg ilmunya
dalam. dg sebutan
Arrosikhuna fil 'ilmu.
4. Guru itu ditinggikan
derahatnya oleh Allah.
Hal ini dibuktikan
dalam Surat Al
Mujadalah;11
"Allah akan.meninggikan orang orang yg beriman di antaramu dan orang orang yg diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yg kamu kerjakan"
Apakah Bapak dan Ibu masih ragu dan.kurang bersungguh dungguh.menjadi guru?
Strategi kedua: Mampu mengubah mindset
Saya lanjut yg kedua.
Seorang harus mampu mengubah mindset. Pola pikir negatif diubah ke positif, antara lain:
- Ubahlah to have menjadi to be
- Suka mengeluh menjadi tangguh.
- Meminta menjadi suka memberi
- Sering bersedih menjadi bahagia.
Dari sini ada yg ibgin ditanyakan? Silahkan.
Strategi ketiga, guru memiliki daya kejut bagi siswa. Ada fua istilah yg bisa dipakai.
pertama: Tangkap basah kebaikan
artinya, seorang guru memiliki empati untuk segera mengapresiasi kebaikan yg dilslukan oleh anak.
Misalnya, ketika ada anak.membuang sampah di tempat sampah, berikan acubgan.jempol, atau senyum, atau komentar positif secukupnya.
Kedua: Tempa besi selagi panas.
Setiap anak melakukan hal yg keliru, segera luruskan saat itu, jangan tunda waktu.
Saya masih.ingat ketika magang di SD Hunting Tower Australia. Ada seorang anak lari di depan saya,.langsung sama gurunya diminta untuk kembali dan diminta untuk mengucapkan permisi. Hal itu dilakukan secara ajeg.
Baik, untuk strategi keempat, bahwa seirang guru harus menarik dan menyenangkan.
Menarik artinya, membangun kesan positif, biasanya ditunjukkan dg pola penampilan yg.menarik, nyaman dilihat,, ketepatan waktu, rambutnya rapi tidak acak acakan.Sedangkan menyenangkan, terkait dg kesan saat interaksi, kkmunikasinya enak, sehingga anak didik merasakan sebagaimana yg kita rasakan.
Bersambung...
By Mira Oktavia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar